23 Mei 2012

Layanan JNE memuaskan hati saya :)

Masih inget ceritaku tentang barang kirimanku yang pecah? saat itu jujur, aku kecewa banget sama JNE. Karena ini bukan yang pertama kalinya, malah udah yang KETIGA kalinya ! Wajar klo yang kali ini aku kekeh banget ngajuin klaim dan mau berjuang sampe titik darh terakhir.. *apasih lebay banget yak :D *

Tapi seriusan yang kali ini emang mau serius, soalnya barang yang dikirim bukan seperti yang kemarenan yang rentan pecah, tapi beneran ini barang materialnya plastik. Klo yang sebelumnya itu 2 kali ngirim slowcooker pecah, tapi kali ini masa iya kirim sterilizer crown yang pasti para ibu-ibu udah tau deh bentuknya... hampir sebagian besar materialnya plastik kan?? benerkan?? kayanya jauh banget kemungkinan bisa pecahnya.


Awal ceritanya begini, ada seorang bapak yang order barang tersebut di Taniashop, dan barang itu minta dikirimkan daerah Tobelo Kepulauan Halmahera.. jauuhh yaa.. aku pun baru sekali ngirim ke daerah itu. Ongkirnya lumayan banget, mirip sama kaya waktu ngirim ke Jayapura yaitu sekitar 50ribu an. Total ongkir nya sendiri pun ngga murah, hampir setara harga barangnya. Pengiriman beres dan aku pikir barang sudah aman sampai di customer.

Beberapa hari setelah pengiriman tepatnya tgl 13 Mei, si Bapak nelpon aku dan memberitahukan bahwa barangnya diterima oleh dia dalam kondisi pecah dan dia sedikit komplain bla..bla..
Komplainnya disaat aku lagi PMS dan jadinya komplain biasa serasa luar biasa bangeeettt efeknya.

Seninnya aku minta foto barang yang hancur itu, kurang lebih begini penampakkannya.


Setelah dapat fotonya, langsung kirim email komplain ke JNE ( ceritanya gantian aku yang komplain nih :D)
kenapa lewat email? karena menurutku klo lewat telp malah kurang ampuh udah gitu sudah bener nyambungnya, lebih enakkan lewat email dan sudah beberapa kali lewat email malah direspon baik sama mereka.

Pagi kirim email dan siangnya di bales dengan permintaan maaf dan penjelasan tatacara pengajuan klaim beserta lampiran form untuk mengajukan klaim. Proses pertama done menurutku, sehingga aku ngga perlu bawel ngeluh ini itu dulu.. kita lanjutin ke proses selanjutnya.

Selasanya, aku mampir ke JNE buat nyerahin berkasnya dan titip sama CS shift malem untuk diserahkan ke Bapak Caesar, yang siangnya udh nelp aku untuk konfirmasi masalah keluhanku itu. Menurutku step kedua sudah beres dan respon mereka semua baik banget.

Rabunya, aku sms pak caesar untuk minta konfirmasi mengenai berkasnya apa sudah dia terima? dan ternyata dibales sms nya dan berjanji akan mengkonfirmasi jika ada kabar lebih lanjut.

karena long weekend, follow up sengaja aku berhentiin dulu sampai senin, 21 Mei 2012

aku telp no henponnya pak caesar, tapi tidak bisa di hubungi terus, sedikit kecewa sampe selasa, masih belum ada kabar dari pihak JNE.

Customerku udah ngejar-ngejar pastinya, karena dia sangat membutuhkan barangnya tersebut.

Akhirnya hari ini aku kirim email lagi dan sedikit memberi ketegasan ke mereka dan ternyata tak disangka sorenya aku di telp sama pihak JNE dan mereka menyetujui akan mengganti klaim ini .. yeaayy finally saya puas dengan layanan JNE ini..

Semoga JNE ke depannya semakin baik dalam memberikan layanan ke customernya.
Terima kasih juga atas kecepatan respon yang di berikan dan juga kebaikan dari pihak JNE nya dalam menghadapi komplain dari customer yang cerewet macem saya ini :)

8 komentar:

Arman mengatakan...

ya harusnya begitu ya...
gua udah sering banget denger komplain tentang JNE.. moga2 mereka bisa memperbaiki service nya...

Supermoms Indonesia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Indah Kurniawaty mengatakan...

gw juga baru-baru ini keilangan dokumen dari JNE, Ke.
Dan susaaaah banget untuk dihubungi. Lempar sana lempar sini. Dan waktu bisa ngomong sama CS nya, gw nanya " Emang sering gak sih nerima komplain keilangan kayak gini ??"
Mas-mas yang jawab *sepertinya JNE lupa training bagaimana menjawab customer complaint* : " Yah udah sering sih Bu..."
Gubraaaks gak sih.

BunDit mengatakan...

Alhamdulillah bisa di claim ya mam. Saya belum pernah complain ke JNE. DUlu pernah kirim baju ke customer, datangnya dalam keadaan sudah kebuka, pembungkus tercabik2. Tapi krn barang utuh, customerku gak komplain ya sudah, cuma lapor aja pernah kejadian spt itu :-)

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Kalo aku sejauh ini belum pernah ngalamin yang seperti itu sih, mungkin karena pengiriman ke Palembang juga kan itungannya deket, jadi biasanya barangnya aman2 aja nyampe sini..

Mudah2an ke depannya perusahaan2 jasa pengiriman barang sbg partner para pedagang online dan customer online shop bisa lebih baik yaa..

Nike (Tania's mom) mengatakan...

@arman
sorry komentar lo kepencet jd ke hapus.. gw ga tau gmn cara balikinnya.

@indah
JNE emang agak rempong klo komplain via telp.. pengalaman gw mendingan lewat email

@Bundit
iya alhamdulillah setidaknya aku ngga merugi banget.. cuma rugi ongkirnya. beberapa customer aku juga pernah ngalamin yg kya pengalaman mu mba.. tapi ya aku ga lanjut komplain ke JNE krn memang tidka rusak barangnya

@allisa

palembang mah lumayan jauh atuh bu :)
tapi bener juga, semoga JNE bisa lebih baik lagi pelayanannya

Wulandari Putri mengatakan...

kemarin2 saya sempet komplain masalah pelayanan jne yg bila paket dikirim ke daerah saya yg bukan kota,paket itu dititip di cabang jd customer disms trus disuruh ambil sendiri ke cabang.setau saya kan ongkir segitu paket nympe tangan customer donk,ga pake acara titip2an sgala.pertama saya komplain ke cabang dan ternyata balesannya mengecewakan.dia blg di sini bkn kota dan pengiriman sama kurir ada schedule hari2nya *sumpah ga ngerti* udah saya komplain baik2 malah digituin trus dikatain RIBET sama cabangnya akhirnya saya nelfon ke cs pusat.cukup melegakan dan berjanji akan menindak lanjuti.akhirnya pihak jne sukabumi menelfon saya atas laporan dari cabang yg saya komplainin.pas saya blg saya udah lapor pusat dia kalang kabut ngmg klo nympe pusat takutnya paker ditahan semua di pusat *ga masuk akal menurut saya* saya blg aja saya ga tau hal yg lain,yg saya tau saya bayar ongkir paket nympe tangan saya.akhirnya dia minta maaf dan janji juga lain kli paket psti nympe lgsg.ga pake titip2an.yah we'll see lah.. blm coba pake jne lg cuz blm ada kesempatan order sesuatu :D

Anonim mengatakan...

ngirim dokumen dr semarang ke krian pake JNE YES dr tgl 07/09/2013 10:42 sampai hari ini 10/09/2013 09:00 belum sampai juga !

di tracking status "NOT HOME" pd tanggal 09/09/2013 14:10 , PADAHAL SAYA SEHARIAN NUNGGU KURIR JNE KAYAK NUNGGU BINI SENDIRI !!

padahal barusan telp JNE surabaya dgn no telp 031 8673885 bilang kemarin barang di kirim ke rumah jam 18:37 tp alasan tidak ada orang dirumah,, DIRUMAH SAYA 24 JAM ADA ORANG ! SEHARIAN DI TUNGGU TUNGGU TAPI PAKET TIDAK DATANG JUGA !!

telp ke JNE SIDOARJO dgn nomer 031 8070808 juga gak ada jawaban !

minta nomer telp kurir nya gak di kasih dengan berbagai alasan !

apa kedok JNE YES itu sebagai tipuan untuk pelanggan supaya memilih paket yang mahal ????

masa semarang sidoarjo harus selama ini ????

kalo nipu kira kira donk !!!

pilih JNE YES soalnya yakin sampe sehari eeehhh kenyataannya kayak tai babi !!

kapok gw pake JNE !!

ganti aja namanya jadi JNE G-YES ( JNE GAK YAKIN ESOK SAMPAI ) !!!